Cara Konfigurasi IP Address di Debian pada Virtualbox

Posted By Unknown on Selasa, 04 April 2017 | 4/04/2017

Cara Konfigurasi IP Address di Debian pada Virtualbox

Sebelum mau Konfigurasi IP Address, kamu harus install debian 8 dulu, gak tau cara install nya? klik disini untuk cara install nya :)

Halo, Perkenalkan nama saya Nursaid Mardhatillah Arsyelan Ali atau bisa di panggil Marsyel :). kali ini saya akan memberikan Cara Konfigurasi IP Address di Debian pada Virtual Box. ikutin caranya ya :).. GO GO GO

1.      Login ke debian menggunakan username “ root “
Gambar 1.0 Login debian

2.      Lalu masuk ke folder /etc/network , ketik : nano /etc/network/interfaces kemudian enter.
Gambar 1.1 Masuk ke folder

3.      Setelah masuk ke folder, kita akan membuat ip address,netmask,network,broadcast dan gateway.
Gambar 1.2 Folder

4.  Memasukkan Ip address,netmask,network,broadcast,dan gateway. Setelah mengatur semuanya. Untuk menyimpan tekan CTRL+O lalu tekan enter jika sudah setuju dengan nama file, kemudian tekan CTRL+X untuk exit
Gambar 1.3 Memasukkan Ip address dll

5. Setelah itu kita akan merestart setiap paket yang di konfigurasi. Dengan mengetik : “ /etc/init.d/networking restart “ tanpa tanda petik, lalu tekan enter.
Gambar 1.4 Merestart Network

6. Selanjutnya untuk mengetahui apakah pembuatan/pengubahan Ip address berhasil, ketik : “ ifconfig “. Tanpa tanda petik, lalu tekan enter.
Gambar 1.5 Mengetahui Pembuatan/Pengubahan Ip Address

7. Selanjutnya kita akan mengatur Virtualbox Host-only network agar bisa terlihat di Adapter setting. Klik Pengaturan di virtualbox.
Gambar 1.6 Mengatur Virtualbox Host-only network

8. Kemudian Klik Jaringan, Pilih Terpasang Pada : Adaptor Hanya-Host, Nama VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter
Gambar 1.7 Mengatur Virtualbox Host-Only network

9. Selanjutnya kita akan mencoba menghubung dengan client di windows 10. Klik kanan pada ikon komputer/jaringan wifi. Lalu pilih “Open Network and sharing Center”
Gambar 1.8 Ikon Komputer
Gambar 1.9 Membuka Sharing center

10.  Setelah membuka sharing center, kemudian pilih “ Change Adapter setting “
Gambar 1.10 Membuka Change adapter Settings

11.  Selanjutnya klik kanan pada virtualbox Host-Only Network, dan pilih properties untuk mengatur IP Address pada client
Gambar 2.0 Mengatur Ip Address Client

12.  Selanjutnya pilih “ Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) dan klik properties
Gambar 2.1 Mengatur Ip Address

13.  Setelah itu atur IP address agar tidak sama dengan di Debian. Didebian Ip address : 192.168.1.1 . jadi di Client kita atur menjadi : 192.168.1.2. subnet mask akan otomatis teratur dengan mengklik box kosong pada subnet mask. Setelah itu klik OK.
Gambar 2.0 Mengatur Ip Address

14.  Setelah itu untuk mengetahui apakah Ip Client terhubung dengan Ip Server adalah dengan menggunakan cmd. Tekan Windows+R lalu ketikkan cmd, Lalu enter
Gambar 2.1 Membuka cmd

15.  Setelah membuka cmd. Ketikkan “ ping 192.168.1.1” lalu tekan enter. Apabila muncul tulisan “Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time,1ms TTl =64” berarti kita sudah terhubung dengan server.
Gambar 2.2 Ping di CMD

16.  Setelah itu kita akan mencoba ping di server debian. Dengan mengetikkan “ ping 192.168.1.2 “ lalu tekan enter. Apabila muncul tulisan “ 64 bytes from 192.168.1.2..” berarti sukses.

Gambar 2.3 Ping di Server debian

Sekian dari saya :). apabila masih tidak bisa atau juga ingin menambahkan, silahkan berkomentar, tetap semangat dan salam tkj. :)
Blog, Updated at: 4/04/2017

6 komentar:

Translate

Entri Populer